Tips Memilih Ban Motor


Salam Blogger Anti Mager !

Varian Ban Motor


Kali ini Bang Pied mau Sharing santay nieh gan gimana cara memilih Ban yang Cocok dan tentunya berkualitas untuk motor kalian. Pada zaman now, memang memilih Ban itu kayaknya sih simple ya tinggal datang ke Bengkel atau Toko Ban kaya Pl@net B@n hehe, pilih Ban-nya dan langsung minta pasangin langsung selesai  deh Simple kan😄 ?

Tapi sebetulnya dalam memilih Ban yang Baik dan Cocok tentunya tidak Semudah itu gan , Ban mempunyai peranan penting dalam kenyamanan dan keselamatan berkendara, banyak sekali kasus kecelakaan saat ini yang disebabkan karena sebagian orang salah memilih Ban yang tidak sesuai untuk kendaraan Motor nya alhasil motor laju motor menjadi tidak stabil termasuk dalam pengeremannya dan itu berbahaya bagi keselamatan pengendara motor tersebut.

       Untuk menghindari kesalahan tersebut harus diperhatikan dalam memilih Ban antara lain:

  1.  Pertimbangkan Merk

      Mungkin ini yang pertama Bang liat dalam memilih Ban yang Baik yaitu Merk karena Bang yakin Merk yang terkenal tidak akan pernah membohongi kualitas dan pastinya harganya sedikit lebih Mahal tapi tidak apalah demi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara loh.

  2.  Kebutuhan Motor Kalian

     Ini nih terkadang kalian selalu salah menafsirkan hehe, banyak sekali yang salah memilih type Ban yang cocok untuk motor yang tidak sesuai dengan kebutuhan penggunaanya maksudnya gini loh kalo Motor kalian itu type Motor untuk Touring ya baiknya pergunakan lah Ban yang tergolong tangguh disegala medan, lantas jika motor kalian hanya dipergunakan untuk harian seperti Matic dan Bebek ya saranin pergunakanlah Ban yang dikhususkan untuk harian saja agar nyaman dipakai dalam berkendara. Zaman now banyak sekali anak anak muda yang gemar memodif Ban seperti penggunaan Ban Cacing ( Ban yang sangat Tipis dan Kecil ) memang terlihat lebih menarik tapi dari sisi keselamatan sangat membahayakan karena motor menjadi tidak stabil dalam mencengkram aspal jalan dan lebih parahnya lagi juga bisa membahayakan keselamatan pengendara tersebut. So, Pilihlah Ban sesuai Karakter Motor Kalian ya

  3.  Perhatikan Alur atau Profil Ban

      Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah Alur Ban yaps Saat ini berbagai Merk Ban memiliki type Alur yang sangat beragam mulai dari Alur yang Banyak hingga yang Gundul tidak memiliki Alur. Terlepas dari hal itu, Alur Ban ini difungsikan untuk memecah genagan air saat Ban motor melintas di jalanan yang Basah dengan daya cengkram yang berbeda tergantung dari Type Alur Ban tersebut. Biasanya Alur dari Ban disesuaikan juga dengan type dari Sepeda Motor ya contoh untuk Motor yang difungsikan Balap biasanya memakai Ban dengan Alur yang jarang atau bahkan Gundul ya karena memang agar motor bisa melaju lebih kencang walaupun Alurnya jarang atau gundul tapi daya cengkram dari Jenis Ban ini sangatlah Kuat karena sudah disesuaikan memang dengan kebutuhannya berbeda dengan sepeda motor harian yang lebih variatif dari segi Alur Bannya karena memang ditujukan untuk jalanan raya dengan kondisi medan yang berbeda – beda agar menghindari motor menjadi Slip atau tergelincir dikarenakan tidak optimalnya Alur Ban. So, pastikan agan memilih Ban dengan Alur yang cocok untuk motor Agan bukan hanya soal trend atau keindahan semata tapi lebih ditujukan sesuai fungsinya.

  4.  Pilih Jenis Ban ( Tubetype atau Tubeless )

     Mungkin sudah tidak asing ya dengan 2 jenis ban tersebut. Ban Motor Tubetype mempunyai lapisan ban luar dan dalam. Biasanya Ban jenis ini umum digunakan motor bebek dan beberapa matic dengan velg  jari – jari. Adapun Ban jenis Tubeless yang saat ini paling banyak dipakai karena memiliki lapisan yang lebih tebal dan umumnya digunakan oleh motor yang memiliki velg racing. Dari ke 2 jenis ban tersebut memiliki plus minus nya, untuk Ban jenis Tubetype memang kelebihannya nyaman digunakan saat berkendara karena bisa dikatakan lebih empuk. Tetapi ban jenis ini rentan bocor atau kempes karena memilik lapisan permukaan yang tipis sehingga agan harus lebih rajin mengecek kondisi ban nya. Untuk jenis Ban Tubeless ini memang sangat digemari para pengendara saat ini dan tidak dipungkiri juga dibarengi dengan para Produsen Sepeda Motor sekarang yang lebih sering memakai Ban jenis ini. Memang Ban ini mempunyai permukaan yang lebih tebal sehingga tidak langsung Bocor atau kempes jika tertusuk paku atau benda tajam lainnya. Namun biasanya ban jenis ini lebih sedikit mahal ketimbang Ban Tubetype hmmm, tinggal Agan pilih ya sesuaikan dengan kebutuhannya saja.

      Oke itu dia sedikit tips dari Bang gimana cara memilih Ban yang Baik dan tentunya sesuai dengan Kebutuhan Motor kalian ya. Mudah – mudahan Artikel dari Bang ini bisa bermanfaat bagi Agan yang khusunya mau beli atau ganti Ban Motornya. Akhir kata Bang akhiri dulu ya sharing kita ini.

Terimakasih dan ditunggu komen – komennya biar makin akrab hehehe



Salam Blogger Anti Mager !

0 Response to "Tips Memilih Ban Motor"

Post a Comment

Berkendara Motor di Bulan Puasa

Salam Blogger Anti Mager ! Tidak terasa Bulan Ramadhan tinggal menghitung beberapa hari lagi, hayo nggak bisa ngopi di sian...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel