Kenali Oli Motor Mu Lebih Dekat


Salam Blogger Anti Mager !!!


Hay hay sobat Blogger dimanapun kalian Browsing,


Ilustrasi ganti Oli pada Motor

Pada kesempatan kali ini Bang Pied mau ngajakin kalian ngobrol lagi nih, kali ini Bang mau ngebahas gimana sih cara nya pilih Oli Motor yang cocok dan baik tentunya buat Motor kesayangan Agan. Oli motor itu merupakan suatu komponen yang sangatlah penting perihal fungsinya untuk meredam panas serta melumasi komponen motor agar tidak terjadi gesekan antar komponen lainnya.

Oleh karena itu Agan perlu mengganti Oli ini rutin, lantas kapan tuh Bang kita harus mengganti oli mesin nya ???

Idealnya untuk Motor Bebek atau Sport gantilah Oli setelah mencapai Jarak tempuh kisaran 2.500 – 3.000 Km , sedangkan untuk Motor tipe Matic gantilah setelah mencapai jarak tempuh setiap 4.000 Km. Oh iya kalian juga bisa kenali tanda – tandanya bila motor kalian sudah harus diganti Oli nya seperti Warna Oli  yang sudah mulai berubah, kekentalan oli yang sudah mengurang, volume oli yang berkurang serta suara perpindahan perseneling yang terdengar lebih kasar. Kalau tanda – tanda seperti itu sudah mulai Nampak dan terasa berarti sudah saatnya kalian mengganti Oli Motor sebelum terjadi kerusakan pada komponen mesin motor kalian.

Nah, Bang mau bantuin kalian gimana sih memilih Oli motor yang baik dan tentunya cocok buat motor kalian, Apa aja tuh ?

1.     SAE ( Society of Automatic Enginer ) atau lebih dikenal dengan tingkat kekentalan dari Oli.
Penting untuk memperhatikan tingkat kekentalan oli, disarankan untuk memilih tingkat kekentalan yang sama sesuai Oli bawaan mesinnya bila salah dikhawatirkan akan mempengaruhi kinerja dari komponen mesin motor kalian gan. Tapi ada pengecualian, jika Oli asli kalian 10W-40, bisa diganti ke 20W-40 ataupun 5W-40 tapi jika Motor kalian berusia lebih dari 5 tahun atau sudah menempuh jarak lebih dari 100.000 Km baiknya memakai oli dengan tingkat kekentalan yang tinggi karena mengingat komponen motor yang sudah lebih renggang ketimbang dengan motor baru.

          2.    API ( American Petroleum Institute ) atau lebih akrab disebut Kode Mutu Oli.
Alangkah baiknya memilih Oli yang sesuai dengan Kode Mutu mengikuti standar bawaan oli motor kalian atau dalam beberapa hal bisa berbeda asalkan harus disesuaikan juga ya, Mengapa ? karena didalam Oli terdapat Zat aditif yang harus disesuaikan dengan mesin motor kalian. Contoh jika Oli motor bawaan kalian menggunakan Kode SE, baiknya kalian juga menggunakan Kode SE juga atau dalam beberapa hal bisa diupgrade ke Kode SF tapi jangan sampai turun kode yak arena huruf kedua dari API tersebut dapat diartikan untuk jenis motor yang lebih kekinian hehehe. Apabila kalian memakai Kode API yang tidak sesuai nantinya juga dapat merusak mesin motor kalian Lur😲.

           3. JASO ( Japan Automotive Standard  Organization )
 Berbicara soal JASO ini menunjuk pada standar kopling yang harus dipenuhi. JASO   ini pun terbagi menjadi JASO MA dan JASO MB. Untuk JASO MA lebih sering   digunakan oleh motor berjenis Cub atau Sport sedangkan untuk JASO MB lebih   layak digunakan oleh motor dengan gaya gesekan rendah seperti kopling kering pada   motor matic.

Nah, sampai sini sudah sedikit lebih tau kan mengenai Oli Motor, usahakan kalian harus memahami mesin motor kalian karena karakter mesin setiap motor tentunya berbeda – beda dan membutuhkan Oli yang berbeda pula.

Pastikan juga kalian membeli Oli yang Original ya jangan yang sembarangan ya, Kalo Bang lebih memilih ganti Oli sekalian di Bengkel Resmi biar lebih terpercaya tapi ga selalu harus di Bengkel Resmi dimanapun atau bahkan ganti sendiri langsung pun tidak masalah jika memang kalian sudah mahir. So dari sekarang Jangan Asal Pilih Oli ya …

Bang cukup akhiri disini bila ada salah informasi atau kata mohon dimaklumi ya, jangan lupa komentar komentar nya ya biar kita bisa saling bertukar informasi.


Terimakasih banyak…



Salam Blogger Anti Mager !!!


0 Response to "Kenali Oli Motor Mu Lebih Dekat"

Post a Comment

Berkendara Motor di Bulan Puasa

Salam Blogger Anti Mager ! Tidak terasa Bulan Ramadhan tinggal menghitung beberapa hari lagi, hayo nggak bisa ngopi di sian...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel