Cara Belajar Motor Kopling Santai Ala Bang Pied

Salam Blogger Anti Mager !!!

Hay Sobat semuanya kembali lagi disini Bang Pied menyapa agan agan semuanya untuk Sharing tentang cara belajar motor kopling yang santai tentunya yoomann. Motor kopling itu identik dengan motor sport dan besar tapi ada beberapa juga yang berbentuk motor bebek tapi kalo  matic tidak ada yaa πŸ˜…. Cara mengendarai motor kopling memang terbilang sangatlah berbeda dengan motor bebek dan matic pada umumnya oleh karena itu perlu pemahaman yang cukup agar dapat mengendarainya dengan benar dan aman.
 Sebetulnya belajar motor kopling itu susah susah gampang ehh gampang gampang susah 😁 yang penting nieh saran dari abang kalian mesti paham dulu teori nya hmmm Btw, kalian pada tau gak nieh teori nya oke biar lebih enak abang kasih sedikit gambar ilustrasi nya ya .
ilustras transmisi gigi motor kopling
dari keterangan ilustrasi diatas bahwa untuk mulai menyalakan atau menjalankan motor kopling dimulai dengan menginjak tuas gigi perseneling *posisi dari Netral atau ( N ) ke gigi 1 didahulukan dengan menarik tuas kopling yang ada di handle kiri hingga ditahan sampai mesin menyala.

ilustrasi tuas kopling

setelah tuas kopling terus ditarik dan ditahan lalu mulai menginjak gigi ke bawah hingga panel dashboard atau speedometer menunjukan gigi 1, Nah setelah itu kalian jangan dulu langsung plintir handle gas dengan kencang ( khawatir mesin akan menggerung *bukan rocky gerung yaa πŸ˜…) tetapi kalian harus menyelaraskan antara membuka perlahan tuas kopling dengan handle gas jadi harus Balance ya alias seimbang , Bang gimana nanti kalo nggak seimbang ? Hmm kamu tidak lain tidak bukan akan menjadi joki kuda hhheee alias motor kamu akan meloncat bagaikan kuda mustang hhhee 😁 tapi jangan sampai kaya gitu yaaa, Abang yakin kalian pasti langsung faham deh .

Ohh iya Abang  lupa ngasih tau agan yaitu mesti nyalain dulu ya motor nya hhhee masukan kunci lalu starter bruumm brummm πŸ˜€ Oke deh lanjut next Nah setelah kalian tarik tuas kopling lalu menahannya sembari menarik handle gas dilanjut dengan menginjak gigi 1 ke bawah dan setelah itu lantas kalian buka Tuas Kopling yang kalian tahan tadi dibarengi dengan membuka gas tapi pelan pelan yaa sampai dirasa motor mulai berjalan , jika motor telah sempurna berjalan lepas tuas kopling tadi dengan mengatur ritme handle gas dan Taraaa kalian telah berhasil mengendarai Motor Kopling.
Setelah mulai berjalan stabil kita harus melakukan perpindahan gigi , Hmmm kenapa ? ya karena mesin motor bakal terasa kasar dan berbunyi bising dan laju nya pun terasa berat maka dari itu haruslah dilakukan perpindahan gigi ke 2 ataupun 3 dan selanjutnya apabila mesin telah dirasa berbunyi kasar. Biasanya untuk yang sudah mahir dalam mengendarai motor kopling dia akan sendirinya punya feeling aseekkkkk😁 dalam mengira-ngira kapan harus dilakukan perpindahan gigi Tapi bagi yang pemula macam Abang juga nieh hehehee setidaknya harus tahu kisaran limit speedometer per transmisi misal untuk Gigi 1 biasanya di sekitar 0 - 12 Km/jam , Gigi 2 biasanya di kisaran 12 - 20 an Km/jam, untuk Gigi 3 biasanya di kisaran 20 an - 30 Km/jam , sementara untuk Gigi 4 kisaran 30 - 45 Km/ jam dan untuk Gigi 5 dan 6 diatas angka tadi heheheh yang pasti itu jarang dipakai yaa *kecuali buat yang suka ngebut-negbutan eiiittsss jangan deh safety aja yaa πŸ˜‰.


Tapi dewasa ini perkembangan dalam teknologi sepeda motor khususnya di bagian speedometer mulai serba digital dan begitu informatif contoh saja adanya indikator kapan kita harus melakukan perpindahan gigi dengan adanya lampu yang berkedip di speeodometer tentunya ini sangat membantu kita khusunya bagi yang pemula tapi jangan sambli diliatin terus ya speedometer nya saat berkendara bisa - bisa kalian bakalan nabrak tukang gorengan hheee πŸ˜‚.
Sampai sini mungkin kalian sudah faham ya dalam melajukan motor kopling nieh , Hmmm lantas Bang gimana cara nya kalo mau nurunin gigi ? Simple sekali pemirsah lakukan langkah awal dengan cara menurunkan kecepatan terlebih dahulu inget yaa kalau kalian mau nurunin gigi hal yang paling penting yakni turunin kecepatan motor kalian dulu lanjut dengan tarik tuas kopling yang ada di sebelah kiri dan langsung kalian injak perseneling yang ada di kaki kiri kalian hingga terasa suatu hentakan kecil ( Hal lumrah ) atau bagi kalian yang motor nya mempunyai panel indikator gigi pastilah akan nampak perubahan gigi di dashboard speedometer kalian Nah setelah itu kalian lepas perlahan tuas kopling nya di barengi dengan sedikit plintiran gas ( sedikit aja ya takut loncat loncat ntar hheeπŸ˜„)  dan Taraaaa kalian sudah berhasil menurnkan gigi sepeda motor nya.


Hmmm terus nieh Bang terakhir , gimana kalo pengen berhenti ? Pertanyaaan yang keceh sekali , sebetulnya untuk teknik berhenti sama lagi dengan cara melajukan sepeda motor hanya saja kebalikannya yakni pertama pasti dan yang tak bukan kalian harus menrunkan kecepatan motor kalian dilanjut dengan menarik tuas kopling nya dan selanjutnya ini nieh jika kalian sudah mahir dalam menaikan dan menurunkan gigi kalian bisa langsung turunkan ke gigi 1 agar lebih mudah tapi jika baru pemula alangkah baiknya kalian menarik dahulu tuas rem yang ada di kanan tapi inget didahulukan dengan menarik tuas kopling yang ada di kiri lalu menahannya perlahan laju motor mulai menurun dan berhenti setelah berhenti kalian harus menetralkan gigi nya waduh gimana caranya kalian harus tau posisi gigi setelah berhenti ada di gigi berapa misal jika di gigi 1 kalian harus mencungkil nya ke atas tapi setengah saja alias tidak penuh karena kalau penuh malah akan kembali ke gigi 2 dan jika berhasil lampu indikator netral yang bersimbol N akan menyala hijau itu tandanya motor sudah dalam keadaan netral dan kalian bisa mematikan mesinnya dengan aman., Begitu jadinya pemirsah .


Oh iya Bang punya pesen nieh biar safety yaa kalian kalau mau belajar sebaiknya cari lapangan atau daerah yang sepi alias jauh dari keramaian karena dikhawatirkan bisa membahayakan diri kalian dan juga orang lain dan tidak liupa selalu safety dalam berpakaian dengan kenakan helm ya pokoknya wajib safety. Pesan lainnya adalah jangan panik kenapa ? karena khawatir kalian jika panik reflek plintir gas dengan kencang dan itu sangatlah berbahaya kalian bisa terjatuh dan The Last kalian jangan menyalakan motor dalam keadaan gigi 3 ke atas itu juga lumayan beresiko membuat motor semakin berat untuk melaju.

Oke soabt semuanya sekian ya kali nie dari Bang Pied mengenai Cara Mengendarai Motor Kopling dengan Santai dan Safety tentunya ya, miudah - mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat agan agan sekalian Terimakasih banyak jangan lupa Share and Comment yaa
Wassalamualaikum wr wb










0 Response to "Cara Belajar Motor Kopling Santai Ala Bang Pied"

Post a Comment

Berkendara Motor di Bulan Puasa

Salam Blogger Anti Mager ! Tidak terasa Bulan Ramadhan tinggal menghitung beberapa hari lagi, hayo nggak bisa ngopi di sian...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel